Rabu, 22 November 2017

SERBA SERBI TENTANG EXO

EXO




Nama Grub : EXO
Sub Grup : EXO K (Korea) - EXO M (China)
Jumlah Member : 12 orang, sekarang 9 orang
Debut : April 2012
Negara Asal : Korea Selatan - China
Genre : KPOP dan CPOP
Agensi : SM Entertainment


EXO adalah salah satu boyband Korea Selatan asuhan Lee Sooman dari agensi SM Intertaiment. Dibentuk sejak tahun 2011 dan debut pada April 2012 dengan anggota berjumlah 12 orang. EXO terbagi menjadi dua subgrub, yaitu EXO-K (Korea) dan EXO-M (Mandarin).
DEBUT MAMA (2011)


EXO-M saat di KCON 2012 di Irvine, California
Single prolog EXO-K dan EXO-M, "What Is Love" dirilis pada 30 Januari 2012 di Korea Selatan dan Tiongkok. Pada 9 Maret, grup merilis single prolog kedua mereka, "History”. Sebuah konser untuk grup ini digelar di Stadion Olimpiade Seoul pada dan konser kedua digelar di aula Universitas Ekonomi dan Bisnis Internasional Beijing pada
Selanjutnya EXO-K dan EXO-M merilis singel debut "Mama" yang diikuti dengan dirilisnya album mini Mama . Kedua subgrup tersebut akan mempromosikan album secara terpisah di dua negara. Lalu EXO-K melakukan penampilan debut mereka di program musik Inkigayo, sementara EXO-M membuat penampilan debut mereka di Top Chinese Music Awards pada hari yang sama. EXO-M juga pernah  tampil sebagai bintang tamu di tur konser Super Show 4 Super Junior di JakartaIndonesia.

XOXO DAN MIRACLES IN DECEMBER (2013)

EXO bersama Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye di Tiongkokpada 28 Juni 2013
Album studio pertama grup, XOXO dirilis pada Juni 2013 dalam dua versi: edisi "Kiss" untuk album berbahasa Korea dan edisi "Hug" untuk album berbahasa Mandarin. XOXO dipromosikan sebagai satu grup; terutama di Korea Selatan. EXO merekam bersama single utama "Wolf", namun sisa lagu dari album ini direkam secara terpisah. Kedua versi secara bersamaan menduduki posisi puncak Billboard World Album Chart satu minggu setelah dirilis.


Sebuah album kemas ulang dari XOXO yang berjudul Growl dirilis dengan tiga lagu tambahan. Single utama album ini, "Growl". "Growl" meraih kesuksesan dan mengukir rekor baru sebagai peraih skor tertinggi pada program musik Inkigayo. XOXO dianugerahi penghargaan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards 2013 dan menjadikan EXO sebagai boyband termuda yang pernah memenangkan penghargaan tersebut. XOXO menjadi album dengan penjualan terbaik di Korea Selatan pada tahun 2013. Album mini kedua EXO, Miracles in December, dirilis sebagai album spesial musim dingin. EXO memulai promosi untuk album ini melalui acara EXO's Showtime  di saluran kabel MBC Every 1. Baekhyun, Chen dan D.O. membawakan singel utama "Miracles in December" di MCountdown pada. Luhan juga ikut bergabung bersama trio tersebut di program musik lainnya.
EXO mengakhiri tahun 2013 dengan enam album bertengger di 10 teratas dalam daftar penjualan album terbaik Gaon, yakni semua album mereka yang dirilis pada tahun 2013 baik versi Korea maupun Mandarin, serta album mini debut Mama.

OVERDOSE (2014)


Exo saat di Mnet Asian Music Awards ke-16 pada Desember 2014
Album mini ketiga EXO, Overdose dirilis. Kegiatan promosi untuk Overdose sama seperti Mama, di mana EXO-M akan melakukan promosi di Tiongkok dan EXO-K di Korea Selatan. Album ini mencapai pra-pemesanan hingga 660.000+ kopi sebelum dirilis, sehingga menjadi album mini dengan pra-pemesanan terbanyak dalam sejarah K-pop. Versi Korea juga meraih posisi nomor 2 di Billboard World Album Chart dan nomor 129 di tangga album Billboard 200, mengantarkan EXO sebagai grup K-pop pria dengan posisi tertinggi di tangga album Billboard 200. Overdose menjadi album dengan penjualan terbaik di Korea Selatan pada tahun 2014 dan merupakan album mini pertama yang pernah memenangkan penghargaan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards. Hingga akhir tahun, EXO adalah penyanyi K-pop dengan penjualan terlaris di Jepang pada tahun itu.
S.M Entertainment mengumumkan bahwa EXO akan melanjutkan promosi dengan 10 anggota. Grup menggelar konser solo pertamanya bertajuk Exo from Exoplanet 1 – The Lost Planet . Tiket konser terjual habis hanya dalam kurun waktu 1,47 detik, memecahkan rekor untuk penjualan tiket konser tercepat di Korea.
EXODUS (2015)


EXO saat di Seoul Music Awards ke-24
Konser solo kedua EXO diumumkan pada Januari 2015 dengan judul EXO PLANET - The EXO'luXion. Lima konser digelar di Olympic Gymnastics Arena. Ada sekitar 1,2 juta penggemar yang mencoba membeli tiket online.Album studio kedua EXO, EXODUS dirilis dalam versi Korea dan Mandarin. Lagu utama "Call Me Baby" dirilis terlebih dahulu pada 27 Maret karena sebelumnya telah bocor di internet. "Call Me Baby" kemudian menjadi video musik K-pop yang paling banyak ditonton pada paruh pertama 2015. EXODUS dianugerahi penghargaan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards 2015. Ini menjadi tahun ketiga secara berturut-turut bagi EXO dapat meraih penghargaan tersebut sejak 2013. EXO juga membintangi serial drama mini mereka berjudul EXO Next Door yang menjadi drama web Korea yang paling banyak ditonton pada tahun 2015 sebelum akhirnya dipatahkan oleh drama web yang dibintangi XiuminFalling for Challenge.
Album kemas ulang dari EXODUS berjudul Love Me Right dirilis. Album kemas ulang berisi empat lagu tambahan, termasuk lagu utama "Love Me Right". Akibat absennya Tao, grup melanjutkan kegiatan promosi di program musik dengan sembilan anggota.

Setelah menyelesaikan kegiatan promosi di Korea, EXO dikabarkan sedang merencanakan debut resmi mereka di Jepang. EXO tampil di hadapan 145.000 penggemar di Tokyo Dome pada 6-8 November dan mencatat rekor sebagai grup idola tercepat yang mengadakan konser dome (kubah) di Jepang tidak lama setelah debut. Lalu EXO merilis singel Jepang pertama mereka, Love Me Right ~romantic universe~ yang berisi versi bahasa Jepang dari singel "Love Me Right" dan lagu berbahasa Jepang berjudul "Drop That".EXO merilis album spesial musim dingin kedua mereka, Sing For You bersama singel utama ganda berjudul "Sing For You" dan "Unfair".

TUR AMERIKA UTARA, EX'ACT DAN FOR LIFE (2016)




EXO saat Top Chinese Music Awards ke-16 pada April 2016
EXO menggelar tur EXO'luXion di Amerika Utara yang mengambil tempat di DallasVancouverLos AngelesChicago dan New York . Pada bulan Maret, mereka menyelesaikan tur konser kedua Exo Planet 2 – The Exo'luxion.
Album studio ketiga EXO, EX'ACT dirilis single "Lucky One" dan "Monster" baik dalam versi bahasa Korea maupun Mandarin. Sebagai bagian dari promosi album EX'ACT, EXO dan majalah mode W Korea berkolaborasi dalam proyek "EXOclusive" dengan merilis sembilan sampul berbeda dari masing-masing anggota EXO. "EXOclusive" mencetak rekor sebagai penjualan terlaris untuk sebuah majalah fesyen di Korea setelah terjual sebanyak hampir satu juta kopi. Pada 15 Juli, SM Entertainment dan Putto Entertainment merilis permainan ponsel resmi EXO berjudul EXORUN.
EXO mencetak rekor sebagai artis pertama yang melakukan enam konser solo berturut-turut di Stadion Seoul Olympic Gymnastics Arena. Edisi kemas ulang dari EX'ACT berjudul Lotto dirilis. Album ini berisi lagu asli dari EX'ACT dengan tambahan empat lagu baru, termasuk single dengan judul yang sama. Pada bulan September, EXO muncul dalam acara Infinite Challenge dan berkolaborasi bersama Yoo Jae-suk dengan merilis lagu dansa berjudul "Dancing King" sebagai bagian dari proyek SM Station. Single Jepang kedua EXO yang berisi tiga lagu berjudul "Coming Over" dirilis. Album musim dingin ketiga sekaligus album mini kelima For Life dirilis pada 19 Desember. Mereka tidak melakukan kegiatan promosi untuk album ini maupun untuk single "For Life"
KOKOBOP (2017)





Ko Ko Bop" adalah sebuah lagu yang direkam oleh boy band Korea Selatan Exo untuk album studio keempat mereka The War. Ini dirilis dalam versi Korea dan Cina oleh S.M. Hiburan pada tanggal 18 Juli 2017.Penggoda video musik "Ko Ko Bop" dirilis pada 17 Juli 2017 oleh S.M. Hiburan. Video musik Korea dan Cina "Ko Ko Bop" dirilis pada 18 Juli. Video musiknya direkam di Seoul, Korea Selatan. Video musik Korea mencapai satu juta penayangan pada jam pertama peluncurannya dan 8.833.869 dalam 24 jam. Tiga hari setelah diluncurkan, video musiknya mencapai satu juta orang. Pada tanggal 20 Agustus, video musik tersebut melampaui 50 juta penayangan di Youtube. 


POWER (2017)




"Power" adalah lagu yang direkam oleh grup boy Korea Selatan EXO untuk edisi ulang album studio keempat mereka The War: The Power of Music. Ini dirilis dalam versi Korea dan Cina oleh S.M. Hiburan pada tanggal 5 September 2017. Pada tanggal 20 Oktober, empat remix lagu tersebut dilepaskan melalui SM Station. Video musik Korea mencapai satu juta penayangan dalam tiga jam pertama peluncurannya dan 6.605.588 dalam 24 jam. Sepuluh hari setelah dirilis, video musik tersebut mencapai satu juta orang.
Promosi

2 komentar: